Selasa, 15 Desember 2015

Tips menjaga kesehatan saat musim pancaroba

Lebih baik mencegah daripada mengobati, slogan pengingat bagi kita semua disaat musim pancaroba seperti saat ini.

Musim pancaroba terjadi pada masa peralihan. Perubahan suhu udara banyak berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita secara otomatis akan berusaha keras menyesuaikan dengan temperatur sekitar. Saat itu pula imunitas yang baik sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika imunitas kita berkurang, akan timbul banyak orang yang sakit pada musim pancaroba.

Namun selama kita bisa mencegah dan dapat mengantisipasinya. tubuh kita tetap sehat dan fit serta kita bisa bertahan dari penyakit yang menyerang saat musim pancaroba, berikut tips nya :

<strong>Perbanyak Minum Air </strong>pastikan asupan cairan memenuhi kebutuhan keseharian tubuh dan pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi. Karena kebutuhan cairan setiap tubuh manusia memiliki ambang yang berbeda-beda.

<strong>Konsumsi Makanan Bergizi</strong> yang cukup dan dibutuhkan oleh tubuh seperti, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

<strong>Konsumsi Suplemen</strong> Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian, sehingga suplemen tambahan diperlukan terutama di musim pancaroba ini. Vitamin C, <em>zinc</em>, dan<em>echinachea</em> adalah sebagian dari suplemen yang telah dibuktikan mampu mendongkrak daya tahan tubuh kita. Pilihlah suplemen yang tepat dan minumlah sesuai kebutuhan tubuh.

<strong>Istirahat yang Cukup</strong> sangat diperlukan setiap harinya agar tubuh benar-benar memiliki istirahat untuk mengembalikan energi yang telah dikeluarkan.

<strong>Berolahraga</strong> secara teratur sehari 30 menit minimal untuk berjalan kaki. Pilih olahraga yang bersifat aerobik seperti jogging, senam, treadmill, bersepeda, atau sekedar berjalan kaki berkeliling kompleks atau pergi bekerja. Hal ini akan sangat membantu tubuh untuk tetap fit dan stamina tubuh terjaga baik.

<strong>Jaga Kebersihan Badan </strong>agar tidak tertular penyakit dari lingkungan. Misalnya mencuci tangan sebelum makan dan mencuci muka atau mandi setelah beraktivitas diluar rumah. Hal ini menghindari dari virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut, hidung ataupun kulit kita.

<strong>Jagalah Kebersihan Lingkungan </strong>minimal dengan membersihkan kamar sendiri dan rumah secara rutin. Cucilah seprei, sarung bantal, guling dan lainnya seminggu 2 kali agar debu yang menempel tidak menumpuk. Lingkungan bersih identik dengan buanglah sampah pada tempatnya.

<strong>Pakai Pakaian Sesuai Suhu Udara</strong>. Saat udara dingin gunakanlah pakaian yang tebal agar tubuh terlindung dari udara dingin secara langsung. Sebaliknya jika cuaca panas gunakanlah payung untuk melindungi kepala dan tubuh dari teriknya sinar matahari.

<strong>Gunakan Masker</strong> penutup hidung jika Anda berada di lingkungan yang berdebu, berudara kotor, sedang sakit, ataupun berada diantara kolega Anda yang sakit.

semoga bermanfaat sisters..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar