Selasa, 15 Desember 2015

Kenali penyebab dan penanganan demam

seperti apakah kondisi ketika anda mengalami demam? demam adalah kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37,5 derajat celcius, suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh.

Demam merupakan gejala atau tanda kita menderita penyakit tertentu, sehingga demam merupakan alat pemberitahu bagi diri sendiri.

Gejala yang menyertai demam tergantung apa penyebabnya, beberapa gejala yang bisa menyertai demam mulai dari sakit kepala, berkeringat dingin, menggigil, batuk, sakit tenggorokan, kehilangan selera makan dan merasa kelelahan.

Apabila anda terkena demam, beberapa langkah berikut untuk mengatasi demam :

<strong>Kenakan pakaian tipis</strong> meskipun badan terasa dingin, karena pakaian tebal dan selimut akan menaikkan suhu tubuh.

<strong>Istirahatlah dirumah dengan ventilasi yang baik.</strong> Gunakan kipas angin atau pendingin udara, tapi jangan diarahkan langsung ke tubuh , sesuaikan temperatur suhu sesuai kenyamanan.

<strong>Minum banyak air putih, sari buah, atau sup bening. </strong>Untuk mengetahui apakah sudah cukup minum atau tidak dengan melihat urin, jika berwarna terang dan cenderung jernih, pertanda sister sudah cukup minum.

<strong>Usahakan makan seperti biasa</strong> meskipun nafsu berkurang, agar daya tahan tubuh tetap terjaga baik.

<strong>Periksalah suhu tubuh </strong>setiap empat jam sekali, cara terbaik mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer dan pastikan termometer terpasang dengan baik dan waktu yang cukup sehingga suhu tubuh terukur dengan benar.

<strong>Kompres tubuh dengan kain basah</strong>. utamakan bagian samping leher, ketiak, dan selangkangan terkompress dengan baik menggunakan kain atau handuk basah. karena di daerah itu berjalan pembuluh besar tubuh yang berjalan cukup superficial., air yang digunakan boleh air hangat atau dingin tergantung kenyamanan penderita demam.

<strong>Mengurangi aktifitas </strong>karena dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pengaturan suhu tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar